Tentang Jurnal Ini

Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran mulai Volume 5 Edisi 1 Tahun 2025 melakukan migrasi agar lebih aman dari berbagai hal yang tidak diinginkan, termasuk peretasan jurnal dan sebagainya. Untuk melakukan pengiriman, penulis dapat mengunjungi laman situs web baru jurnal kami pada tautan https://triangulasi-fkip.unpak.ac.id/index.php/triangulasi

PERNYATAAN RESMI MIGRASI DI SINI

Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajaran merupakan jurnal yang dikembangkan untuk memfasilitasi para peneliti dalam memublikasikan dan mengomunikasikan hasil penelitiannya di bidang bahasa Indonesia, sastra Indonesia, dan pembelajarannya.

Informasi

Informasi Jurnal Triangulasi

2025-05-02

Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajaran merupakan jurnal yang dikembangkan untuk memfasilitasi para peneliti dalam memublikasikan dan mengomunikasikan hasil penelitiannya di bidang bahasa Indonesia, sastra Indonesia, dan pembelajarannya.

Jurnal Triangulasi saat ini telah terakreditasi dan terindeks Sinta-4; tetap berkomitmen untuk menerbitkan naskah akademik di bidang pendidikan kebahasaan, kesastraan, pembelajaran, humaniora, teknologi, media pembelajaran, metode pembelajaran, dan isu-isu strategis dan mutakhir atau kebaruan di bidang masing-masing penulis baik secara akademis maupun praktis.

Jurnal Triangulasi menerima manuskrip berupa hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, dan aplikasi teori.

Jurnal Triangulasi menerbitkan manuskrip (2) dua kali setiap tahun yaitu, pada Mei dan November.

Baca lebih lanjut tentang Informasi Jurnal Triangulasi

Terbitan Terkini

Vol 5 No 2 (2025): Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajaran
					Lihat Vol 5 No 2 (2025): Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajaran

PRAKATA

Selamat datang di Jurnal Triangulasi Volume 5 Nomor 2 Edisi November 2025.

Kami mempersembahkan kepada Anda beragam koleksi pada bidang pembelajaran, bahasa, dan kesastraan.

Edisi ini kami menyelami topik-topik menarik dari setiap jenjang pendidikan tentang Pengaruh Model Pembelajaran Lok-R Berbantuan Animasi Naratif Terhadap Kemampuan Literasi Membaca Siswa Kelas VI; Analisis Semiotika dan Retoris dalam Sampul Majalah Tempo Edisi Tentakel Judi Kamboja; Register Bahasa Remaja Gen Z di Kota Semarang: Studi  Kasus Di SMP Negeri 26 Semarang; Analisis Subjek ‘Yang Dikekang’ Pada Tokoh Mawarsaron Dalam Novel Lusifer! Lusifer! Karya Venerdi Handoyo; Pengembangan Buku Saku untuk Darmasiswa: Media Efektif dalam Pembelajaran Bahasa dan Budaya; Bahasa Sebagai Cermin Relasi Kuasa Dalam Komunikasi Antara Pekerja Dan Manajemen di Lingkungan Institut Teknologi Sawit Indonesia: Analisis Wacana Kritis, dan Pengaruh Aplikasi Wattpad sebagai Media Literasi Digital dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa SMK.

Volume 5 Nomor 2 Edisi November 2025 terdiri atas 7 artikel dari berbagai institusi antara lain:

  • Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat, Indonesia
  • Universitas Nasional, Jakarta, Indonesia
  • Universitas Negeri Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Politeknik Negeri Bali, Bali, Indonesia
  • Institut Teknologi Sawit Indonesia, Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Universitas PGRI Yogyakarta

Semoga edisi ini membawa pembaca pada wawasan luas, serta terima kasih atas dukungan dan keterlibatan Anda yang berkelanjutan dengan jurnal kami.

Pemimpin Redaksi

Muhamad Firman Alfahad

Diterbitkan: 2025-11-30
Lihat semua terbitan