Analisis Alat Kohesi dalam Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.55215/triangulasi.v5i1.4Keywords:
Kohesi wacana, Alat kohesi, Skripsi mahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan penggunaan alat kohesi dalam skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi terhadap empat bagian penting skripsi, yaitu latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian. Alat kohesi yang dianalisis meliputi kohesi gramatikal (referensi, substitusi, elipsis, konjungsi) dan kohesi leksikal (repetisi, sinonimi, antonimi, hiponimi, kolokasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat kohesi gramatikal lebih sering digunakan, terutama referensi dan konjungsi aditif. Namun, kesalahan
seperti referensi ambigu, substitusi tanpa acuan jelas, dan repetisi berlebihan masih ditemukan. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penguatan pembelajaran menulis akademik dengan
penekanan pada variasi dan ketepatan penggunaan alat kohesi.
References
Asyura, R. (2025). Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Berbasis Kearifan Lokal Melalui Model Discovery Learning Kelas X SMK SMTI Banda Aceh. (Skripsi). Universitas Bina Bangsa Getsempena, Banda Aceh.
Bowen, Glen A. (2009). Document Analysis as a Qualitative Research Method. Qualitative Reseach Journal. Vol. 9 No. 2: 27-40.
Creswell, J. W. (2021). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: Sage Publications.
Darma, Y. A. (2009). Analisis Wacana Kritis. Bandung: Yrama Widya.
Djajasudarma, F. (2006). Wacana: Pemahaman dan Hubungan Anatarunsur. Bandung: Refika Aditama.
Eriyanto. (2008). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS Pelangi Aksara.
Halliday, M. A. K. & Matthiessen, M. I. M. (2014). An Introduction to Functional Grammar Halliday 4th Edition. Amerika Serikat: Hodder Education.
Juliana, & Sinar, T. S. (2014). Terjemahan alat kohesi pada teks Hikayat Raja-Raja Pasai dalam bahasa Inggris The Chronicle of the Kings of Pasai. Kajian Linguistik, 2(1), 49–68.
Krippendorff, K. (2004). Content Analysis: an Introduction to its Methodology. Los Angeles: Sage Publication.
Moeliono, A. M. dkk. (2017). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rohiyana, A. P. (2021). Analisis alat kohesi gramatikal dan alat kohesi leksikal dalam teks cerita pendek siswa. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 4(3), 238–245. https://doi.org/10.23887/diskursus.v4i3.10686
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumantri, O. K. dan Harahap, A. B. (2011). Telaah Wacana: Teori dan Penerapannya. Depok: Komando Books.
Susilawati, S. (2021). Penggunaan kohesi gramatikal dan kohesi leksikal pada kumpulan cerpen Surat Kecil untuk Ayah karya Boy Candra. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 4(2), 189–210. https://doi.org/10.23887/diskursus.v4i2.9820
Wahid dan Juanda, S. (2006). Analisis Wacana. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Wahyuni, N. (2024). Pengembangan E-Modul Interaktif dalam Pembelajaran Teks Drama Kelas XI SMAN 1 Cijeruk Kabupaten Bogor. (Skripsi). Universitas Pakuan, Bogor.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.