https://triangulasi-fkip.unpak.ac.id/index.php/triangulasi/issue/feedTriangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran2025-05-31T16:57:58+00:00M. Firman Alfahadalfahadfirman@gmail.comOpen Journal Systems<h3>Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran<strong> mulai Volume 5 Edisi 1 Tahun 2025 melakukan migrasi agar lebih aman dari berbagai hal yang tidak diinginkan, termasuk peretasan jurnal dan sebagainya. Untuk melakukan pengiriman, penulis dapat mengunjungi laman situs web baru jurnal kami pada tautan</strong><strong> <a href="https://triangulasi-fkip.unpak.ac.id/index.php/triangulasi">https://triangulasi-fkip.unpak.ac.id/index.php/triangulasi</a></strong></h3> <p><strong>PERNYATAAN RESMI MIGRASI <a href="https://drive.google.com/file/d/1J-WmD8pfnighSeg5oKFN0GAL8JcpeJI5/view?usp=drive_link" target="_blank" rel="noopener">DI SINI</a></strong></p> <p>Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajaran merupakan jurnal yang dikembangkan untuk memfasilitasi para peneliti dalam memublikasikan dan mengomunikasikan hasil penelitiannya di bidang bahasa Indonesia, sastra Indonesia, dan pembelajarannya.</p>https://triangulasi-fkip.unpak.ac.id/index.php/triangulasi/article/view/4Analisis Alat Kohesi dalam Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia2025-05-04T13:34:03+00:00Stella Talithastellatalitha@upi.eduRika Kustinastellatalitha@upi.eduAndoyo Sastromiharjostellatalitha@upi.eduMuhammad Bujayastellatalitha@upi.eduAriantostellatalitha@upi.eduBarkatun Nisa Alfiastellatalitha@upi.eduNinastellatalitha@upi.eduTrisnawatistellatalitha@upi.edu<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan penggunaan alat kohesi dalam skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi terhadap empat bagian penting skripsi, yaitu latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian. Alat kohesi yang dianalisis meliputi kohesi gramatikal (referensi, substitusi, elipsis, konjungsi) dan kohesi leksikal (repetisi, sinonimi, antonimi, hiponimi, kolokasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat kohesi gramatikal lebih sering digunakan, terutama referensi dan konjungsi aditif. Namun, kesalahan <br />seperti referensi ambigu, substitusi tanpa acuan jelas, dan repetisi berlebihan masih ditemukan. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penguatan pembelajaran menulis akademik dengan <br />penekanan pada variasi dan ketepatan penggunaan alat kohesi.</p>2025-05-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaranhttps://triangulasi-fkip.unpak.ac.id/index.php/triangulasi/article/view/3Analisis Pidato Prabowo Subianto pada Peluncuran Danantara: Perspektif Humanisme Sosial dalam Profil Pelajar Pancasila2025-05-04T13:01:14+00:00NinaBila83810@gmail.comSyihabuddinbila83810@gmail.comStella Talitha bila83810@gmail.comAriantobila83810@gmail.comTrisnawatibila83810@gmail.comBarkatun Nissabila83810@gmail.comRika Kustinabila83810@gmail.comMuhammad Bujayabila83810@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pidato Prabowo Subianto saat peluncuran Danantara ditinjau dari perspektif aliran filsafat humanisme sosial untuk diwujudkan dalam Profil Pelajar Pancasila di sekolah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskritif. Sumber data diperoleh dari teks berita dari website resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia edisi 24 Februari 2025 dengan judul “Presiden Prabowo Luncurkan Danantara, Wujud Komitmen Pengelolaan Investasi Berkelanjutan”. Teknik pengumpulan menggunakan Teknik Simak bebas libat cakap. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dalam pidato Prabowo Subianto saat peluncuran Danantara tersirat nilai kebebasan, persamaan dan persaudaraan yang mencerminkan semangat humanisme sosial, yakni keberpihakan pada kesejahteraan rakyat, pengelolaan kekayaan negara secara bertanggung jawab, serta komitmen terhadap pembangunan jangka panjang yang inklusif.</p>2025-05-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaranhttps://triangulasi-fkip.unpak.ac.id/index.php/triangulasi/article/view/5Pelanggaran Prinsip Kerja Sama pada Debat Capres Republik Indonesia 2024 dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA2025-05-07T09:26:55+00:00RUYATUL MUKHTARruyatulhilal@unpak.ac.idSiti Chodijahruyatulhilal@unpak.ac.idEva Rahayuruyatulhilal@unpak.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelanggaran prinsip kerja sama <br />pada debat capres Republik Indonesia tahun 2024. Dalam penelitian ini, peneliti <br />menggunakan rancangan penelitian deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian ini <br />adalah tuturan dalam debat capres Republik Indonesia tahun 2024 menggunakan teori <br />kerjasama Grice. Pengumpulan data menggunakan metode simak dan teknik catat. <br />Hasil penelitian ini yaitu menunjukan pelanggaran prinsip kerjasama yaitu: (1) <br />maksim kuantitas, (2) maksim kualitas, (3) hubungan/relevansi, dan (4) <br />cara/tindakan. Data yang ditemukan dalam penelitian ini berjumlah 21 data <br />pelanggaran maksim kerjasama yang ditemukan. Pelanggaran maksim paling <br />banyak adalah maksim pelaksanaan dengan jumlah 7 data, dan selanjutnya <br />adalah maksim relevansi dengan jumlah 6 data. Selanjutnya adalah maksim <br />kualitas dengan jumlah 5 data dan maksim kualitas dengan jumlah 3 data. <br />Implikasi pembelajarannya yaitu pada teks negosiasi, dengan adanya prinsip <br />kerja sama pada teks negosiasi, peserta didik dapat menimalisasikan <br />pelanggaran-pelanggaran prinsip kerja sama saat bernegosiasi. Dalam <br />penelitian ini, pelanggaran prinsip kerjasama yang sering muncul yaitu <br />maksim pelaksanaan. Hal ini terjadi bisa disebabkan karena faktor <br />kesengajaan dalam proses debat capres.</p>2025-05-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaranhttps://triangulasi-fkip.unpak.ac.id/index.php/triangulasi/article/view/7Analisis Alat Kohesi dalam Kumpulan Produk Esai Mahasiswa di Lingkungan Universitas Sriwijaya2025-05-16T03:56:36+00:00Muhammad Bujayamuhammadbujaya14@upi.eduBarkatun Nisa Alfiamuhammadbujaya14@upi.eduAndoyo Sastromiharjomuhammadbujaya14@upi.eduStella Talithamuhammadbujaya14@upi.eduAriantomuhammadbujaya14@upi.eduNinamuhammadbujaya14@upi.eduRika Kustinamuhammadbujaya14@upi.eduTrisnawatimuhammadbujaya14@upi.edu<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan alat kohesi <br />gramatikal dan leksikal dalam esai mahasiswa di lingkungan <br />Universitas Sriwijaya. Metode yang digunakan adalah metode <br />kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian berdasarkan <br />hasil analisis data yaitu kesalahan pada esai mahasiswa Jurusan <br />Kedokteran menunjukkan banyak kesalahan dalam penggunaan alat <br />kohesi, baik gramatikal maupun leksikal. Kesalahan paling dominan <br />terlihat pada penggunaan referensi dan repetisi, yang mengindikasikan <br />perlunya peningkatan pemahaman dalam membangun keterpaduan <br />teks secara efektif; dan penulisan esai mahasiswa Jurusan Administrasi <br />Publik juga masih mengalami berbagai kesalahan dalam penggunaan <br />kohesi gramatikal dan leksikal. Kesalahan paling banyak terdapat pada <br />aspek referensi, konjungsi, dan repetisi, yang menunjukkan kurangnya <br />ketepatan dalam menyusun keterpaduan antarbagian teks.</p>2025-05-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaranhttps://triangulasi-fkip.unpak.ac.id/index.php/triangulasi/article/view/6Analisis Kesalahan Ejaan Penulisan Huruf Kapital dan Kata Depan dalam Teks Esai di SMA2025-05-17T07:26:46+00:00Asmaul Husnaasmaulhusna@unwir.ac.idNana Triana Winataasmaulhusna@unwir.ac.idDadun Koharasmaulhusna@unwir.ac.idAde Casmiasmaulhusna@unwir.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk <br />kesalahan ejaan dalam penulisan huruf kapital dan kata depan pada <br />teks esai yang ditulis oleh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Indramayu. <br />Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif <br />kualitatif dengan teknik analisis dokumen. Hasil penelitian <br />menunjukkan bahwa kesalahan paling dominan terdapat pada <br />penggunaan huruf kapital yang tidak tepat, terutama dalam penulisan <br />nama geografi, jabatan, dan awal kalimat. Sementara itu, kesalahan <br />dalam penggunaan kata depan umumnya terjadi karena kekeliruan <br />dalam membedakan fungsi kata depan "di", "ke", dan "dari". Selain <br />itu, masih banyak siswa yang belum memahami konteks pemakaian <br />huruf kapital dalam penulisan gelar atau sapaan. Beberapa siswa juga <br />cenderung menuliskan huruf kapital secara berlebihan pada kata-kata <br />yang tidak memerlukannya. Temuan ini menunjukkan perlunya <br />peningkatan pemahaman siswa terhadap aturan ejaan melalui <br />pembelajaran yang lebih intensif dan kontekstual. Guru juga <br />diharapkan lebih menekankan pentingnya ketepatan berbahasa tulis <br />dalam setiap tugas menulis yang diberikan, baik secara lisan maupun <br />tertulis di kelas.</p>2025-05-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaranhttps://triangulasi-fkip.unpak.ac.id/index.php/triangulasi/article/view/8Penggunaan Game Edukasi Quizwhizzer dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP 2025-05-19T04:58:47+00:00Lailatul Isnaini Lailatul Isnainilailatul.isnaini@unwir.ac.idNana Triana Winatalailatul.isnaini@unwir.ac.idDadun Koharlailatul.isnaini@unwir.ac.idKomariahlailatul.isnaini@unwir.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas platform kuis <br />interaktif Quizwhizzer dalam meningkatkan minat dan pemahaman <br />siswa kelas VII SMP Negeri 2 Indramayu terhadap mata pelajaran <br />Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode campuran, <br />dengan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran angket kepada 25 <br />siswa, serta pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam. Hasil <br />penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memberikan respons <br />positif terhadap penggunaan Quizwhizzer dan berpotensi menjadi <br />media pembelajaran yang efektif.</p>2025-05-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaranhttps://triangulasi-fkip.unpak.ac.id/index.php/triangulasi/article/view/9Social Media dan Industrial Broadcast Berdiferensiasi Project Based Learning dalam Pembelajaran Berbicara2025-05-21T01:59:36+00:00Muhamad Firman Al-Fahadalfahadfirman@gmail.comWildan Fauzi mubarockwildanfmubarock@unpak.ac.id<p>Penelitian pembelajaran berbicara ini bertujuan agar mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan dan keterampilan berbicara lanjut dengan mengoptimalkan bantuan media sosial, wawasan industrial <br />broadcast, kreativitas video project. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Populasi dan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Hasil penelitian berdasarkan indikator penilaian yang telah ditentukan didapatkan pada indikator artikulasi dengan rerata sebesar 17; pada <br />indikator visual dengan rerata sebesar 44,20; dan pada indikator audio dengan rerata sebesar 26,06; sedangkan jumlah keseluruhan nilai rerata yang didapatkan yaitu 87,27. Hal ini menunjukan tingkat <br />kreativitas mahasiswa dalam membaca, berbicara, serta pembuatan dan pengaplikasian media broadcast “sangat memuaskan”.</p>2025-05-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaranhttps://triangulasi-fkip.unpak.ac.id/index.php/triangulasi/article/view/2Pengembangan Media Pembelajaran dalam Menulis Teks Persuasif dengan Aplikasi Capcut di SMP2025-05-29T09:59:30+00:00Ainiyah Ekowatiainiyah@unpak.ac.idRifaini Fauziyah Subagjaainiyah@unpak.ac.idRina Rosdianaainiyah@unpak.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menulis teks persuasi menggunakan aplikasi <em>CapCut</em> pada peserta didik kelas VIII SMP PGRI 6 Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development), yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Model ini terdiri dari lima tahap, yaitu <em>analysis, design, development, implementation, </em>dan<em> evaluation.</em> Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket validasi dari ahli media, ahli bahasa, ahli materi, angket respon dari peserta didik dan guru, serta uji N-gain. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa validasi ahli media mencapai 90%, dengan kategori “sangat layak”, Validasi ahli bahasa mencapai 94%, dengan kategori “sangat layak”, Validasi ahli materi mencapai 98%, dengan kategori “sangat layak”. Angket respon peserta didik menunjukkan nilai 80,46%, dengan kategori “efektif”. Angket respon guru menunjukkan nilai 97%, dengan kategori “sangat efektif”.</p> <p> </p>2025-05-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran