ANALISIS ALAT KOHESI DALAM SKRIPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Penulis

  • Stella Talitha Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rika Kustina Universitas Pendidikan Indonesia
  • Andoyo Sastromiharjo Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhammad Bujaya Universitas Pendidikan Indonesia
  • Arianto Universitas Pendidikan Indonesia
  • Barkatun Nisa Alfia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nina Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
  • Trisnawati Universitas Mathla'ul Anwar Pandeglang

DOI:

https://doi.org/10.55215/triangulasi.v5i1.4

Kata Kunci:

Kohesi wacana, Alat kohesi, Skripsi mahasiswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan penggunaan alat kohesi dalam skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi terhadap empat bagian penting skripsi, yaitu latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian. Alat kohesi yang dianalisis meliputi kohesi gramatikal (referensi, substitusi, elipsis, konjungsi) dan kohesi leksikal (repetisi, sinonimi, antonimi, hiponimi, kolokasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat kohesi gramatikal lebih sering digunakan, terutama referensi dan konjungsi aditif. Namun, kesalahan seperti referensi ambigu, substitusi tanpa acuan jelas, dan repetisi berlebihan masih ditemukan. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penguatan pembelajaran menulis akademik dengan penekanan pada variasi dan ketepatan penggunaan alat kohesi.

Referensi

Asyura, R. (2025). Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Berbasis Kearifan Lokal Melalui Model Discovery Learning Kelas X SMK SMTI Banda Aceh. (Skripsi). Universitas Bina Bangsa Getsempena, Banda Aceh.

Bowen, Glen A. (2009). Document Analysis as a Qualitative Research Method. Qualitative Reseach Journal. Vol. 9 No. 2: 27-40.

Creswell, J. W. (2021). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: Sage Publications.

Darma, Y. A. (2009). Analisis Wacana Kritis. Bandung: Yrama Widya.

Djajasudarma, F. (2006). Wacana: Pemahaman dan Hubungan Anatarunsur. Bandung: Refika Aditama.

Eriyanto. (2008). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS Pelangi Aksara.

Halliday, M. A. K. & Matthiessen, M. I. M. (2014). An Introduction to Functional Grammar Halliday 4th Edition. Amerika Serikat: Hodder Education.

Juliana, & Sinar, T. S. (2014). Terjemahan alat kohesi pada teks Hikayat Raja-Raja Pasai dalam bahasa Inggris The Chronicle of the Kings of Pasai. Kajian Linguistik, 2(1), 49–68.

Krippendorff, K. (2004). Content Analysis: an Introduction to its Methodology. Los Angeles: Sage Publication.

Moeliono, A. M. dkk. (2017). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rohiyana, A. P. (2021). Analisis alat kohesi gramatikal dan alat kohesi leksikal dalam teks cerita pendek siswa. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 4(3), 238–245. https://doi.org/10.23887/diskursus.v4i3.10686

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumantri, O. K. dan Harahap, A. B. (2011). Telaah Wacana: Teori dan Penerapannya. Depok: Komando Books.

Susilawati, S. (2021). Penggunaan kohesi gramatikal dan kohesi leksikal pada kumpulan cerpen Surat Kecil untuk Ayah karya Boy Candra. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 4(2), 189–210. https://doi.org/10.23887/diskursus.v4i2.9820

Wahid dan Juanda, S. (2006). Analisis Wacana. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Wahyuni, N. (2024). Pengembangan E-Modul Interaktif dalam Pembelajaran Teks Drama Kelas XI SMAN 1 Cijeruk Kabupaten Bogor. (Skripsi). Universitas Pakuan, Bogor.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-31

Cara Mengutip

Talitha, S., Rika Kustina, Andoyo Sastromiharjo, Muhammad Bujaya, Arianto, Barkatun Nisa Alfia, Nina, & Trisnawati. (2025). ANALISIS ALAT KOHESI DALAM SKRIPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.55215/triangulasi.v5i1.4