Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran https://triangulasi-fkip.unpak.ac.id/index.php/triangulasi <h3>Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran<strong> mulai Volume 5 Edisi 1 Tahun 2025 melakukan migrasi agar lebih aman dari berbagai hal yang tidak diinginkan, termasuk peretasan jurnal dan sebagainya. Untuk melakukan pengiriman, penulis dapat mengunjungi laman situs web baru jurnal kami pada tautan</strong><strong> <a href="https://triangulasi-fkip.unpak.ac.id/index.php/triangulasi">https://triangulasi-fkip.unpak.ac.id/index.php/triangulasi</a></strong></h3> <p><strong>PERNYATAAN RESMI MIGRASI <a href="https://drive.google.com/file/d/1J-WmD8pfnighSeg5oKFN0GAL8JcpeJI5/view?usp=drive_link" target="_blank" rel="noopener">DI SINI</a></strong></p> <p>Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajaran merupakan jurnal yang dikembangkan untuk memfasilitasi para peneliti dalam memublikasikan dan mengomunikasikan hasil penelitiannya di bidang bahasa Indonesia, sastra Indonesia, dan pembelajarannya.</p> en-US alfahadfirman@gmail.com (M. Firman Alfahad) ainiyah@unpak.ac.id (Ainiyah Ekowati) Sat, 31 May 2025 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.6 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 ANALISIS ALAT KOHESI DALAM SKRIPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA https://triangulasi-fkip.unpak.ac.id/index.php/triangulasi/article/view/4 <div><span lang="IN">Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan penggunaan alat kohesi dalam skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi terhadap empat bagian penting skripsi, yaitu latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian. Alat kohesi yang dianalisis meliputi kohesi gramatikal (referensi, substitusi, elipsis, konjungsi) dan kohesi leksikal (repetisi, sinonimi, antonimi, hiponimi, kolokasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat kohesi gramatikal lebih sering digunakan, terutama referensi dan konjungsi aditif. Namun, kesalahan seperti referensi ambigu, substitusi tanpa acuan jelas, dan repetisi berlebihan masih ditemukan. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penguatan pembelajaran menulis akademik dengan penekanan pada variasi dan ketepatan penggunaan alat kohesi.</span></div> Stella Talitha, Rika Kustina, Andoyo Sastromiharjo, Muhammad Bujaya, Arianto, Barkatun Nisa Alfia, Nina, Trisnawati Hak Cipta (c) 2025 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://triangulasi-fkip.unpak.ac.id/index.php/triangulasi/article/view/4 Sat, 31 May 2025 00:00:00 +0000 Analisis Pidato Prabowo Subianto pada Peluncuran Danantara: Perspektif Humanisme Sosial dalam Profil Pelajar Pancasila https://triangulasi-fkip.unpak.ac.id/index.php/triangulasi/article/view/3 <p>Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pidato Prabowo Subianto saat peluncuran Danantara ditinjau dari perspektif aliran filsafat humanisme sosial untuk diwujudkan dalam Profil Pelajar Pancasila di sekolah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskritif. Sumber data diperoleh dari teks berita dari website resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia edisi 24 Februari 2025 dengan judul <em>“Presiden Prabowo Luncurkan Danantara, Wujud Komitmen Pengelolaan Investasi Berkelanjutan”.</em>Teknik pengumpulan menggunakan Teknik Simak bebas libat cakap. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dalam pidato Prabowo Subianto saat peluncuran Danantara tersirat nilai kebebasan, persamaan dan persaudaraan yang mencerminkan semangat humanisme sosial, yakni keberpihakan pada kesejahteraan rakyat, pengelolaan kekayaan negara secara bertanggung jawab, serta komitmen terhadap pembangunan jangka panjang yang inklusif. Nilai-nilai ini sejalan dengan enam dimensi <em>Profil Pelajar Pancasila</em>, mulai dari kemandirian, bernalar kritis, kreatif, hingga bergotong-royong dan berkebhinekaan global. Prabowo tidak hanya mengedepankan visi ekonomi dan teknologi, tetapi juga menekankan pentingnya kerja sama, tanggung jawab sosial, dan penguatan karakter bangsa.</p> Nina, Syihabuddin, Stella Talitha , Arianto, Trisnawati, Barkatun Nissa, Rika Kustina, Muhammad Bujaya Hak Cipta (c) 2025 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://triangulasi-fkip.unpak.ac.id/index.php/triangulasi/article/view/3 Sat, 31 May 2025 00:00:00 +0000 VIOLATION OF COOPERATION PRINCIPLES IN THE 2024 REPUBLIC OF INDONESIA PRESIDENTIAL DEBATE AND ITS IMPLICATIONS FOR INDONESIAN LANGUAGE LEARNING IN HIGH SCHOOL https://triangulasi-fkip.unpak.ac.id/index.php/triangulasi/article/view/5 <p>This study aims to describe violations of the principle of cooperation in the 2024 presidential debate of the Republic of Indonesia. In this study, the researcher used a descriptive-qualitative research design. The subject of this study was the speech in the 2024 presidential debate of the Republic of Indonesia using Grice's theory of cooperation. Data collection used the listening method and note-taking technique. The results of this study indicate violations of the principle of cooperation, namely: (1) maxim of quantity, (2) maxim of quality, (3) relationship/relevance, and (4) method/action. The data found in this study amounted to 21 data on violations of the maxim of cooperation found. The most violations of maxims are the maxim of implementation with a total of 7 data, and then the maxim of relevance with a total of 6 data. Next is the maxim of quality with a total of 5 data and the maxim of quality with a total of 3 data. The learning implications are in the negotiation text, with the principle of cooperation in the negotiation text, students can minimize violations of the principle of cooperation when negotiating. In this study, the violation of the principle of cooperation that often appears is the maxim of implementation. This can occur due to deliberate factors in the presidential debate process.</p> Ruyatul Hilal Mukhtar, Siti Chodijah, Eva Rahayu Hak Cipta (c) 2025 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://triangulasi-fkip.unpak.ac.id/index.php/triangulasi/article/view/5 Sat, 31 May 2025 00:00:00 +0000 Analisis Alat Kohesi Dalam Kumpulan Produk Esai Mahasiswa di Lingkungan Universitas Sriwijaya https://triangulasi-fkip.unpak.ac.id/index.php/triangulasi/article/view/7 <table width="593"> <tbody> <tr> <td width="387"> <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan alat kohesi gramatikal dan leksikal dalam esai mahasiswa di lingkungan Universitas Sriwijaya. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Alat kohesi yang dianalisis meliputi kohesi gramatikal (referensi, substitusi, elipsis, konjungsi) dan kohesi leksikal (repetisi, sinonim, hiponim, kolokasi). Data dikumpulkan melalui dokumentasi, kemudian dianalisis secara sistematis untuk mengidentifikasi, mengklasifikasikan, dan mendeskripsikan bentuk serta fungsi kohesi dalam membangun keterpaduan teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil analisis data, temuan kesalahan pada esai mahasiswa jurusan kedokteran masih menunjukkan banyak kesalahan dalam penggunaan alat kohesi, baik gramatikal maupun leksikal. Kesalahan paling dominan terlihat pada penggunaan referensi dan repetisi, yang mengindikasikan perlunya peningkatan pemahaman dalam membangun keterpaduan teks secara efektif. Penulisan esai mahasiswa jurusan administrasi publik juga masih mengalami berbagai kesalahan dalam penggunaan kohesi gramatikal dan leksikal. Kesalahan paling banyak terdapat pada aspek referensi, konjungsi, dan repetisi, yang menunjukkan kurangnya ketepatan dalam menyusun keterpaduan antarbagian teks.</p> </td> </tr> </tbody> </table> Muhammad Bujaya, Barkatun Nisa Alfia, Andoyo Sastromiharjo, Stella Talitha, Arianto, Nina, Rika Kustina, Trisnawati Hak Cipta (c) 2025 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://triangulasi-fkip.unpak.ac.id/index.php/triangulasi/article/view/7 Sat, 31 May 2025 00:00:00 +0000 Analisis Kesalahan Ejaan Penulisan Huruf Kapital dan Kata Depan dalam Teks Esai Siswa SMA https://triangulasi-fkip.unpak.ac.id/index.php/triangulasi/article/view/6 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan ejaan dalam penulisan huruf kapital dan kata depan pada teks esai yang ditulis oleh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Indramayu. Kesalahan ejaan merupakan salah satu indikator rendahnya keterampilan menulis siswa, khususnya dalam mematuhi kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD Versi 5). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis dokumen. Data diperoleh dari hasil tulisan esai siswa, kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi jenis dan frekuensi kesalahan yang muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan paling dominan terdapat pada penggunaan huruf kapital yang tidak tepat, terutama dalam penulisan nama geografi, jabatan, dan awal kalimat. Sementara itu, kesalahan dalam penggunaan kata depan umumnya terjadi karena kekeliruan dalam membedakan fungsi kata depan "di", "ke", dan "dari". Selain itu, masih banyak siswa yang belum memahami konteks pemakaian huruf kapital dalam penulisan gelar atau sapaan. Beberapa siswa juga cenderung menuliskan huruf kapital secara berlebihan pada kata-kata yang tidak memerlukannya. Temuan ini menunjukkan perlunya peningkatan pemahaman siswa terhadap aturan ejaan melalui pembelajaran yang lebih intensif dan kontekstual. Guru juga diharapkan lebih menekankan pentingnya ketepatan berbahasa tulis dalam setiap tugas menulis yang diberikan, baik secara lisan maupun tertulis di kelas.</p> Asmaul Husna, Nana Triana Winata, Dadun Kohar, Ade Casmi Hak Cipta (c) 2025 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://triangulasi-fkip.unpak.ac.id/index.php/triangulasi/article/view/6 Sat, 31 May 2025 00:00:00 +0000 Penggunaan Game Edukasi Quizwhizzer dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII https://triangulasi-fkip.unpak.ac.id/index.php/triangulasi/article/view/8 <table width="593"> <tbody> <tr> <td width="387"> <p>Perkembangan teknologi informasi telah mendorong integrasi media digital dalam proses pembelajaran, salah satunya melalui penggunaan <em>Game</em> edukatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas platform kuis interaktif <em>Quizwhizzer</em> dalam meningkatkan minat dan pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 2 Indramayu terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode campuran, dengan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran angket kepada 25 siswa, serta pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memberikan respons positif terhadap penggunaan <em>Quizwhizzer</em>. Media ini dianggap mampu meningkatkan fokus, motivasi belajar, serta interaksi antar siswa melalui pengalaman belajar yang menyenangkan dan kompetitif. Namun, kendala teknis seperti keterbatasan perangkat dan akses internet menjadi hambatan yang perlu ditangani. Untuk mengatasinya, disarankan optimalisasi fasilitas sekolah, penyediaan alternatif pembelajaran offline, serta pelatihan teknis bagi siswa dan guru. Kesimpulannya, <em>Quizwhizzer</em> berpotensi menjadi media pembelajaran yang efektif, asalkan didukung dengan infrastruktur memadai dan strategi implementasi yang adaptif terhadap kondisi peserta didik.</p> </td> </tr> </tbody> </table> Lailatul Isnaini, Nana Triana Winata, Dadun Kohar, Komariah Hak Cipta (c) 2025 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://triangulasi-fkip.unpak.ac.id/index.php/triangulasi/article/view/8 Sat, 31 May 2025 00:00:00 +0000 SOCIAL MEDIA DAN INDUSTRIAL BROADCAST BERDIFERENSIASI PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA https://triangulasi-fkip.unpak.ac.id/index.php/triangulasi/article/view/9 <table width="593"> <tbody> <tr> <td width="387"> <p>Penelitian pembelajaran berbicara ini bertujuan agar mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan dan keterampilan berbicara lanjut dengan mengoptimalkan bantuan media sosial, wawasan <em>industrial broadcast</em>, kreativitas <em>video project</em>. Metode penelitian&nbsp; yang digunakan yaitu&nbsp; pendekatan&nbsp; kualitatif&nbsp; dengan&nbsp; metode&nbsp; deskriptif. Populasi dan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Hasil penelitian berdasarkan&nbsp; indikator penilaian yang telah ditentukan didapatkan pada indikator <em>artikulasi</em> dengan rerata sebesar 17; pada indikator <em>visual</em> dengan rerata sebesar 44,20; dan pada indikator <em>audio</em> dengan rerata sebesar 26,06; sedangkan jumlah keseluruhan nilai rerata yang didapatkan yaitu 87,27. Hal ini menunjukan tingkat kreativitas mahasiswa dalam membaca, berbicara, serta pembuatan dan pengaplikasian media <em>broadcast</em> “sangat memuaskan”.</p> </td> </tr> </tbody> </table> Muhamad Firman Al-Fahad, Wildan Fauzi mubarock, Sandi Budiana Hak Cipta (c) 2025 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://triangulasi-fkip.unpak.ac.id/index.php/triangulasi/article/view/9 Sat, 31 May 2025 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR AUDIOVISUAL BERBASIS APLIKASI KINEMASTER PADA MATERI TEKS EKSPLANASI https://triangulasi-fkip.unpak.ac.id/index.php/triangulasi/article/view/2 <p>As time goes by, science and technology continue to advance. This technological development has a significant impact on the education sector in Indonesia. Therefore, to maximize technological developments, the learning media needed in this era is digital-based learning media. Currently, the learning media used at SMP PGRI 6 Bogor is still conventional, namely methods that tend to be passive and one-way, so interactive and interesting learning media is needed. This research aims to develop a learning medium for writing persuasive texts using the CapCut application in grade VIII students of SMP PGRI 6 Bogor. The method used in this study is the research and development method, which adapts the ADDIE development model. This model consists of five stages, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The instruments used in this study include validation questionnaires from media experts, material expert linguists, response questionnaires from students and teachers, and N-gain tests. The results of this study showed: Validation of media experts reached 90%, with the category of "very feasible", validation of linguists reached 94%, with the category of "very feasible", Validation of material experts reached 98%, with the category of "very feasible". The student response questionnaire showed a score of 80.46%, with the category "effective". The teacher's response questionnaire showed a score of 97%, with the category "very effective". The results of the N-gain test on student learning outcomes, which were measured by pre-test and post-test, showed a score of 0.77 with high criteria, indicating a significant improvement in learning outcomes. The increase in the average score of students after the use of CapCut application-based learning media showed an effectiveness rate of 77%, with the category of "effective". Based on the results of this study, it can be concluded that the development of learning media for writing persuasive texts using the CapCut application is feasible to be used as one of the learning media in teaching and learning activities in grade VIII SMP PGRI 6 Bogor&nbsp;</p> Ainiyah Ekowati, Rifaini Fauziyah Subagja, Rina Rosdiana Hak Cipta (c) 2025 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://triangulasi-fkip.unpak.ac.id/index.php/triangulasi/article/view/2 Sat, 31 May 2025 00:00:00 +0000