Analisis Alat Kohesi Dalam Kumpulan Produk Esai Mahasiswa di Lingkungan Universitas Sriwijaya
DOI:
https://doi.org/10.55215/triangulasi.v5i1.7Kata Kunci:
kohesi, alat kohesi, esaiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan alat kohesi gramatikal dan leksikal dalam esai mahasiswa di lingkungan Universitas Sriwijaya. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Alat kohesi yang dianalisis meliputi kohesi gramatikal (referensi, substitusi, elipsis, konjungsi) dan kohesi leksikal (repetisi, sinonim, hiponim, kolokasi). Data dikumpulkan melalui dokumentasi, kemudian dianalisis secara sistematis untuk mengidentifikasi, mengklasifikasikan, dan mendeskripsikan bentuk serta fungsi kohesi dalam membangun keterpaduan teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil analisis data, temuan kesalahan pada esai mahasiswa jurusan kedokteran masih menunjukkan banyak kesalahan dalam penggunaan alat kohesi, baik gramatikal maupun leksikal. Kesalahan paling dominan terlihat pada penggunaan referensi dan repetisi, yang mengindikasikan perlunya peningkatan pemahaman dalam membangun keterpaduan teks secara efektif. Penulisan esai mahasiswa jurusan administrasi publik juga masih mengalami berbagai kesalahan dalam penggunaan kohesi gramatikal dan leksikal. Kesalahan paling banyak terdapat pada aspek referensi, konjungsi, dan repetisi, yang menunjukkan kurangnya ketepatan dalam menyusun keterpaduan antarbagian teks.
Referensi
Azmi, N. & Bahry, R. (2018). Analisis kesalahan berbahasa dalam artikel jurnal di lingkungan Universitas Syiah Kuala. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol.6 No.2. jurnal.usk.ac.id.
Bachtiar, A. & Fatimah. (2014). Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Bogor: In Media.
Febrina, Liga. (2017). Pengaruh Minat Baca Cerpen Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X MAN 1 Padang. Menara Ilmu. 113-124. Jurnal umsb. https://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/81
Halliday, M. A. K. & Matthiessen, M. I.. (2014). An Introduction to Functional Grammar Halliday 4th Edition. Amerika Serikat: Hodder Education.
Komaidi, D. (2017). Panduan lengkap Menulis Kreatif: Proses, Keterampilan, dan Profesi. Yogyakarta: Araska.
Maryam. S. (2007). Pengembangan kreativitas berbahasa dalam menulis esai. Jurnal Educationist. Academia.edu.
Nafi'ah, S. A. (2018). Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Novita, D. (2022). Analisis Kohesi Gramatikal dan Kohesi Leksikal dalam Berita Online Banten News Edisi Maret 2022 serta Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar di SMP. Jurnal Artikula 5(2). 37-48.
Rinawati, A. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Hubungan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Repository.um-surabaya.ac.id
Suparno. (2015). Penggunaan Bahasa Indonesai dalam Tulisan Ilmiah, Makalah disajikan dalam Pelatihan Penulisan Jurnal Ilmiah Bagi Dosen PTS dilingkungan Kopertis Wil. XII Aceh, Banda Aceh.
Wijayanti, E. Dinihari, Y. (2017). Analisis kohesi anafora dan katafora pada tajuk rencana Kompas. Jurnal Bahasastra. Vol. 37. No.1. 9-23.
Wijayanti, S. H. & Dhian, Y. C. (2012). Kecenderungan Siswa SMA di Bekasi dalam Memilih Topik Esai Ditinjau dari Perpektif Gender. Jurnal Humaniora. (24). 2. 187-220.
Wijayanti, S. h., Candrayani, A., Hendarwati, Ika E.S & Agustinus, J., Wahyono. (2013). Bahasa Indonesia Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Yulisna, R. (2016). Kontribusi Kemampuan Memahami Cerpen terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Padang. Gramatika, (2)2,72-83.
Yundiani, S., Andini, M.N., Ilma, A. (2023). Kajian Metakognitif : Pembelajaran Menulis Esai Dalam Artikel Jurnal. Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Jenderal Soedirman. Vol. 4 No.2. http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jpbsi/index
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.