Analisis Alat Kohesi dalam Kumpulan Produk Esai Mahasiswa di Lingkungan Universitas Sriwijaya
DOI:
https://doi.org/10.55215/triangulasi.v5i1.7Keywords:
kohesi , alat kohesi , EsaiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan alat kohesi
gramatikal dan leksikal dalam esai mahasiswa di lingkungan
Universitas Sriwijaya. Metode yang digunakan adalah metode
kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian berdasarkan
hasil analisis data yaitu kesalahan pada esai mahasiswa Jurusan
Kedokteran menunjukkan banyak kesalahan dalam penggunaan alat
kohesi, baik gramatikal maupun leksikal. Kesalahan paling dominan
terlihat pada penggunaan referensi dan repetisi, yang mengindikasikan
perlunya peningkatan pemahaman dalam membangun keterpaduan
teks secara efektif; dan penulisan esai mahasiswa Jurusan Administrasi
Publik juga masih mengalami berbagai kesalahan dalam penggunaan
kohesi gramatikal dan leksikal. Kesalahan paling banyak terdapat pada
aspek referensi, konjungsi, dan repetisi, yang menunjukkan kurangnya
ketepatan dalam menyusun keterpaduan antarbagian teks.
References
Azmi, N. & Bahry, R. (2018). Analisis kesalahan berbahasa dalam artikel jurnal di lingkungan Universitas Syiah Kuala. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol.6 No.2. jurnal.usk.ac.id.
Bachtiar, A. & Fatimah. (2014). Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Bogor: In Media.
Febrina, Liga. (2017). Pengaruh Minat Baca Cerpen Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X MAN 1 Padang. Menara Ilmu. 113-124. Jurnal umsb. https://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/81
Halliday, M. A. K. & Matthiessen, M. I.. (2014). An Introduction to Functional Grammar Halliday 4th Edition. Amerika Serikat: Hodder Education.
Komaidi, D. (2017). Panduan lengkap Menulis Kreatif: Proses, Keterampilan, dan Profesi. Yogyakarta: Araska.
Maryam. S. (2007). Pengembangan kreativitas berbahasa dalam menulis esai. Jurnal Educationist. Academia.edu.
Nafi'ah, S. A. (2018). Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Novita, D. (2022). Analisis Kohesi Gramatikal dan Kohesi Leksikal dalam Berita Online Banten News Edisi Maret 2022 serta Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar di SMP. Jurnal Artikula 5(2). 37-48.
Rinawati, A. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Hubungan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Repository.um-surabaya.ac.id
Suparno. (2015). Penggunaan Bahasa Indonesai dalam Tulisan Ilmiah, Makalah disajikan dalam Pelatihan Penulisan Jurnal Ilmiah Bagi Dosen PTS dilingkungan Kopertis Wil. XII Aceh, Banda Aceh.
Wijayanti, E. Dinihari, Y. (2017). Analisis kohesi anafora dan katafora pada tajuk rencana Kompas. Jurnal Bahasastra. Vol. 37. No.1. 9-23.
Wijayanti, S. H. & Dhian, Y. C. (2012). Kecenderungan Siswa SMA di Bekasi dalam Memilih Topik Esai Ditinjau dari Perpektif Gender. Jurnal Humaniora. (24). 2. 187-220.
Wijayanti, S. h., Candrayani, A., Hendarwati, Ika E.S & Agustinus, J., Wahyono. (2013). Bahasa Indonesia Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Yulisna, R. (2016). Kontribusi Kemampuan Memahami Cerpen terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Padang. Gramatika, (2)2,72-83.
Yundiani, S., Andini, M.N., Ilma, A. (2023). Kajian Metakognitif : Pembelajaran Menulis Esai Dalam Artikel Jurnal. Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Jenderal Soedirman. Vol. 4 No.2. http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jpbsi/index
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.