Pelanggaran Prinsip Kerja Sama pada Debat Capres Republik Indonesia 2024 dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Authors

  • RUYATUL MUKHTAR universitas pakuan
  • Siti Chodijah Universitas Pakuan
  • Eva Rahayu Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.55215/triangulasi.v5i1.5

Keywords:

prinsip kerja sama , debat capres 2024, pragmatik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelanggaran prinsip kerja sama
pada debat capres Republik Indonesia tahun 2024. Dalam penelitian ini, peneliti
menggunakan rancangan penelitian deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian ini
adalah tuturan dalam debat capres Republik Indonesia tahun 2024 menggunakan teori
kerjasama Grice. Pengumpulan data menggunakan metode simak dan teknik catat.
Hasil penelitian ini yaitu menunjukan pelanggaran prinsip kerjasama yaitu: (1)
maksim kuantitas, (2) maksim kualitas, (3) hubungan/relevansi, dan (4)
cara/tindakan. Data yang ditemukan dalam penelitian ini berjumlah 21 data
pelanggaran maksim kerjasama yang ditemukan. Pelanggaran maksim paling
banyak adalah maksim pelaksanaan dengan jumlah 7 data, dan selanjutnya
adalah maksim relevansi dengan jumlah 6 data. Selanjutnya adalah maksim
kualitas dengan jumlah 5 data dan maksim kualitas dengan jumlah 3 data.
Implikasi pembelajarannya yaitu pada teks negosiasi, dengan adanya prinsip
kerja sama pada teks negosiasi, peserta didik dapat menimalisasikan
pelanggaran-pelanggaran prinsip kerja sama saat bernegosiasi. Dalam
penelitian ini, pelanggaran prinsip kerjasama yang sering muncul yaitu
maksim pelaksanaan. Hal ini terjadi bisa disebabkan karena faktor
kesengajaan dalam proses debat capres.

References

Wijana, I Dewa Putu dan Romadi. 2009. Analisis Wacana Pragmatik (Kajian Teori dan analisis). Yogyakarta: Andi Offset.

Yule, George. 2006. Pragmatik, Terjemahan dari Pragmatic.Yogyakrta: Pustaka Pelajar.

Wirduna, Uun Wawadika. 2019. “Analisis Pelanggaran Prinsip Kerjasama dalam Debat Capres dan Cawapres Republik Indonesia” https://jurnal.usk.ac.id/MB/article/view/30447 diakses 3 Maret 2024

Kurniati, Antonia. 2019. “Implikatur Dan Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dalam Wacana Percakapan Debat Calon Gubernur DKI Jakarta (Penelitian Analisis Isi dalam Acara Gelar Mata Najwa di Metro TV”. http://lib.unj.ac.id/tugasakhir/index.php?p=show_detail&id=62514 diakses 3 Maret 2024

Muhammad Reza Ilham Taufani. 2024. Ini Deretan Kehebohan Pemilu 2024. https://www.cnbcindonesia.com/research/20240214200838-128-514393/ini-deretan-kehebohan-pemilu-2024. diakses 3 Juni 2024.

Khusnul Khatimah. 2018. “Pelanggaran Prinsip Kerjasama dalam Debat Kandidat Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018” https://journal.um-surabaya.ac.id/Stilistika/article/view/2352

Hasanah, A., Aziz, A., & Susetya, H. H. H. (2024). Kesantunan Berbahasa Pada Dialog Debat Calon Presiden 2024. Teaching and Learning Journal of Mandalika (Teacher) e-ISSN 2721-9666, 5(2), 342-349.

Umayah, I., Annisa, P. B., & San Fauziya, D. (2019). Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Dengan Menggunakan Metode Think Pair Share Di Kelas X. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(6), 987-996.

Nurpauzi, I. A., Wikanengsih, W., & Rostikawati, Y. (2020). Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Pada Siswa Ma Kelas X Dengan Menggunakan Metode Think Pair Share (Tps) Dengan Berbantuan Media Poster. Parole:Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(3), 541-548.

Ardyasti, T., SilmaHadana, H., Sa’adah, N., Utomo, A. P. Y., Ngabiyanto, N., Rakhmat, N., & Sukawati, I. (2024). Pemanfaatan Aplikasi TikTok pada Pembelajaran Teks Negosiasi Kelas X SMA Negeri 11 Semarang. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 2(5), 276-288.

Published

31-05-2025

How to Cite

MUKHTAR, R. H., Chodijah, S. ., & Rahayu, E. . (2025). Pelanggaran Prinsip Kerja Sama pada Debat Capres Republik Indonesia 2024 dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran, 5(1), 20–29. https://doi.org/10.55215/triangulasi.v5i1.5