Analisis Kesalahan Ejaan Penulisan Huruf Kapital dan Kata Depan dalam Teks Esai Siswa SMA

Penulis

  • Asmaul Husna Universitas Wiralodra
  • Nana Triana Winata Universitas Wiralodra
  • Dadun Kohar Universitas Wiralodra
  • Ade Casmi Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.55215/triangulasi.v5i1.6

Kata Kunci:

Ejaan Huruf kapital Kata depan Teks esai Kesalahan berbahasa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan ejaan dalam penulisan huruf kapital dan kata depan pada teks esai yang ditulis oleh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Indramayu. Kesalahan ejaan merupakan salah satu indikator rendahnya keterampilan menulis siswa, khususnya dalam mematuhi kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD Versi 5). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis dokumen. Data diperoleh dari hasil tulisan esai siswa, kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi jenis dan frekuensi kesalahan yang muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan paling dominan terdapat pada penggunaan huruf kapital yang tidak tepat, terutama dalam penulisan nama geografi, jabatan, dan awal kalimat. Sementara itu, kesalahan dalam penggunaan kata depan umumnya terjadi karena kekeliruan dalam membedakan fungsi kata depan "di", "ke", dan "dari". Selain itu, masih banyak siswa yang belum memahami konteks pemakaian huruf kapital dalam penulisan gelar atau sapaan. Beberapa siswa juga cenderung menuliskan huruf kapital secara berlebihan pada kata-kata yang tidak memerlukannya. Temuan ini menunjukkan perlunya peningkatan pemahaman siswa terhadap aturan ejaan melalui pembelajaran yang lebih intensif dan kontekstual. Guru juga diharapkan lebih menekankan pentingnya ketepatan berbahasa tulis dalam setiap tugas menulis yang diberikan, baik secara lisan maupun tertulis di kelas.

Referensi

Creswell, J. W. (2019). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Endah Ariningsih, N., & Saddhono, K. (2012). ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA DALAM KARANGAN EKSPOSISI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. In Sastra Indonesia dan Pengajarannya (Vol. 1, Issue 1).

Herawati. (2022). ANALISIS KESALAHAN EJAAN DALAM PENULISAN KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SD 04 BESITO KUDUS. Prasasti Ilmu.

Hidayati, F., Wahyuni, S., & Pratama, G. (2022). Eksistensi penggunaan ejaan Bahasa Indonesia dalam karya tulis mahasiswa. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(1), 21–28.

Humaira, H. W., & Firdaus, A. (2021). PENGGUNAAN EJAAN BAHASA INDONESIA PADA MAKALAH MAHASISWA. 10(3). http://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm

KASDAM. (2024). ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN DAN TANDA BACADALAM JURNAL PARADIGMA VOL. 10, NO 1, TAHUN 2024UNIVERSITAS BANDA NAIRA. PARADIGMA .

Leksono. (2019). Analisis Kesalahan Penggunaan Pedoman Ejaan. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia .

Martini. (2018). ANALISIS KESALAHAN EJAAN DALAM KARANGAN NARASI PADASISWA KELAS V SEKOLAH DASAR KECAMATAN SUMEDANG SELATAN. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugroho, A., & Fitriani, R. (2021). Analisis Fungsi Kata Depan dalam Bahasa Indonesia. Jurnal Linguistik Modern, 12(1), 34-42.

Pratikasari. (2020). Analisis kesalahan ejaan pada Jurnal Imajeri Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN GENRE, Vol. 2 No. 2 Tahun 2020, 71 - 78.

Puspitasari, R., Dewi, E. M., Putri, T. E., Asadiva, P., Purwo, A., Utomo, Y., Saputro, I. H., & Bahasa, P. (2023). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Teks Editorial dalam Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas XII SMA Kurikulum Merdeka. Student Research Journal, 1(2), 384–396. https://doi.org/10.55606/sjryappi.v1i2.361

Putri, N. R., & Santoso, E. (2021). Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital dalam Teks Esai Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 55-63.

Putri, N. R., & Santoso, E. (2020). Kesalahan Ejaan pada Teks Esai Siswa SMA: Studi Kasus. Jurnal Linguistik Terapan, 10(3), 210-219.

Rahman, F., & Hidayat, R. (2019). Dampak Kesalahan Ejaan terhadap Kualitas Tulisan Akademik. Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 11(3), 210-218.

Rahman, A., & Nurhadi, N. (2021). Strategi Pembelajaran Menulis Teks Esai untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa. Jurnal Pendidikan Bahasa, 15(3), 215-225.

Saputra, D., & Rahman, F. (2019). Analisis Kesalahan Ejaan pada Teks Tulisan Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 10(1), 45-54.

Sari, D. P., & Wulandari, R. (2021). Analisis Kesalahan Ejaan pada Teks Tulisan Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 45-52.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahputra, H. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. Medan: Perdana Publishing.

Syahputra, M. (2020). Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 11(1), 30-38.

Winata, N. T. (2019). Analisis kesalahan ejaan bahasa indonesia dalam media massa daring (detikcom). Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 115-121.

Yuliana, N., & Fauzi, A. (2020). Penerapan Aturan Ejaan dalam Penulisan Teks Akademik. Jurnal Bahasa dan Sastra, 7(2), 89-97.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-31

Cara Mengutip

Husna, A., Winata, N. T. ., Kohar, D. ., & Casmi, A. . (2025). Analisis Kesalahan Ejaan Penulisan Huruf Kapital dan Kata Depan dalam Teks Esai Siswa SMA. Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran, 5(1), 41—51. https://doi.org/10.55215/triangulasi.v5i1.6