Analisis Pidato Prabowo Subianto pada Peluncuran Danantara: Perspektif Humanisme Sosial dalam Profil Pelajar Pancasila

Penulis

  • Nina Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
  • Syihabuddin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Stella Talitha Universitas Pendidikan Indonesia
  • Arianto Universitas Pendidikan Indonesia
  • Trisnawati Universitas Mathla’ul Anwar
  • Barkatun Nissa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rika Kustina Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Muhammad Bujaya Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55215/triangulasi.v5i1.3

Kata Kunci:

Speech; Prabowo Subianto; Danantara; Philosophy; Social Humanism; and Profile of Pancasila Students

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pidato Prabowo Subianto saat peluncuran Danantara ditinjau dari perspektif aliran filsafat humanisme sosial untuk diwujudkan dalam Profil Pelajar Pancasila di sekolah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskritif. Sumber data diperoleh dari teks berita dari website resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia edisi 24 Februari 2025 dengan judul “Presiden Prabowo Luncurkan Danantara, Wujud Komitmen Pengelolaan Investasi Berkelanjutan”.Teknik pengumpulan menggunakan Teknik Simak bebas libat cakap. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dalam pidato Prabowo Subianto saat peluncuran Danantara tersirat nilai kebebasan, persamaan dan persaudaraan yang mencerminkan semangat humanisme sosial, yakni keberpihakan pada kesejahteraan rakyat, pengelolaan kekayaan negara secara bertanggung jawab, serta komitmen terhadap pembangunan jangka panjang yang inklusif. Nilai-nilai ini sejalan dengan enam dimensi Profil Pelajar Pancasila, mulai dari kemandirian, bernalar kritis, kreatif, hingga bergotong-royong dan berkebhinekaan global. Prabowo tidak hanya mengedepankan visi ekonomi dan teknologi, tetapi juga menekankan pentingnya kerja sama, tanggung jawab sosial, dan penguatan karakter bangsa.

Referensi

Afifah, N., & Nursikin, M. (2024). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PENDEKATAN HUMANISTIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. https://doi.org/10.37850/cendekia

Amir, I., Nursalam, & Mustafa, I. (2022). Tantangan Implementasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum Merdeka Belajar. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(3), 204–215. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.7587

Bungin, B. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Rajagrafindo Persada.

Erlina, T. (2019). MEMBANGUN KARAKTER KEINDONESIAAN PANCASILA MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI ERA GLOBAL. FACTUM, 8(2), 153–162. https://doi.org/10.17509/factum.v8i2.21612

Fromm, E. (2013). Marx’s Concept of Man. Open Road Integted Media.

Kurnianto, T. A., Santoso, P., & Puji Utama, A. (n.d.). Upaya Indonesia Mencegah Konflik Papua dengan Pendekatan Mediasi Humanistik. Jurnal Ilmu Kepolisian |, 16.

Mahsun. (2006). Penelitian Bahasa. PT. Rajagrafindo Persada.

Marsono. (2019). PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI BUDAYA DI ERA MILENIAL. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya ke-1: Tantangan dan Peluang Dunia Pendidikan di Era 4.0, 51–58. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/dharmaacarya

Medista, A. Z., & Anita Marianata. (2024). Generasi Z Dan Politik Viral: Analisis Semiotik Simbol “Joget Gemoy” Dalam Diskursus Kampanye Politik 2024. JKHKP: Jurnal Kajian Hukum dan Kebijakan Publik, 2(1), 683–688. https://doi.org/10.62379/g79zny22

Mualim, K. (2017). GAGASAN PEMIKIRAN HUMANISTIK DALAM PENDIDIKAN (Perbandingan Pemikiran Naquib al-Attas Dengan Paulo Freire). AL-ASASIYYA: Journal of Basic Education, 1(2), 1–18.

Murchland, B. (2000). Humanisme dan Kapitalisme; Kajian Pemikiran Tentang Moralitas. Tiara Wacana.

Rosyidah, I., & Ridlwan, M. (2022). Konsep Pendidikan Humanistik Perspektif Ki Hajar Dewantara dan Paulo Freire dalam Kritik Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. AL-HIKMAH, 12(1), 80–88. http://mail.jurnal.iainbone.ac.id/index.php/adal-ah/ekspose/article/download/109/57.

Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknis Analisis Bahasa. Duta Wacana University Press.

Sugiyono. (2008). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D. Alfabeta.

Sumarno. (1989). Dimensi-Dimensi Komunikasi Politik. Citra Aditya Bakti.

Syariati, A. (1996). Humanisme Antara Islam Dan Barat. Bandung: Pustaka Hidayah. Pustaka Hidayah.

Utami, Dinaryani. P., & Ratih Hasanah. (2015). REPRESENTASI HUMANISME DALAM IKLAN THE GUARDIAN VERSI THREE LITTLE PIGS (ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN THE GUARDIAN VERSI THREE LITTLE PIGS). e-Proceeding of Management, 2(3), 4382–4389.

Vittersø, J. (2025). A World of Values. In Humanistic Wellbeing (pp. 1–47). Springer Nature Switzerland. https://doi.org/10.1007/978-3-031-69292-5_1

Wertz, F. (2023). The history of humanistic and existential psychology: The possibility and cultural contexts of renewal in science. In L. In Hoffman (Ed.), APA handbook of humanistic and existential psychology. https://www.researchgate.net/publication/372719611

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-31

Cara Mengutip

Nina, Syihabuddin, Stella Talitha, Arianto, Trisnawati, Barkatun Nissa, Rika Kustina, & Bujaya, M. . (2025). Analisis Pidato Prabowo Subianto pada Peluncuran Danantara: Perspektif Humanisme Sosial dalam Profil Pelajar Pancasila. Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran, 5(1), 10–19. https://doi.org/10.55215/triangulasi.v5i1.3