Pengaruh Model Pembelajaran LOK-R Berbantuan Media Animasi Naratif Terhadap Kemampuan Literasi Membaca Teks Fiksi Siswa Kelas Vi

Penulis

  • Nurlaila Khairunnnisa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sabariah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Siti Hamidah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55215/triangulasi.v5i2.13

Kata Kunci:

model LOK-R animasi naratif literasi membaca teks fiksi siswa

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran

LOK-R berbantuan animasi naratif terhadap kemampuan literasi membaca

teks fiksi siswa kelas VI. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif

dengan desain quasi eksperimen, analisis data dalam penelitian ini

menggunakan uji Mann-Whitney dan Wilcoxon. Hasil Uji Mann-Whitney

pada tes awal menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan

literasi membaca teks fiksi secara signifikan antara kedua kelas karena nilai

signifikansi yang diperoleh adalah 0,943, sedangkan tes akhir menunjukkan

terdapat perbedaan kemampuan literasi membaca teks fiksi dengan nilai

signifikansi 0,002. Uji Wilcoxon menunjukkan peningkatan kemampuan

literasi membaca teks fiksi secara signifikan pada kelas eksperimen dengan

nilai signifikansi 0,001, hasil uji menunjukkan bahwa tidak perubahan

kemampuan literasi membaca teks fiksi secara signifikan pada kelas kontrol

karena nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,909. Hasil tersebut

membuktikan bahwa model LOK-R berpengaruh dalam meningkatkan

kemampuan literasi membaca teks fiksi siswa kelas VI.

Referensi

Anastasia, A., Prihatiningtyas, N. C., & Buyung, B. (2024). Pembelajaran Literasi Orientasi Kolaborasi dan Refleksi (LOK-R) Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Tut Wuri Handayani: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.59086/jkip.v3i1.488

Clark, C., & Kimmons, R. (2023). Cognitive Load Theory. EdTechnica. https://doi.org/10.59668/371.12980 Creswell, J. W. (2021). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif Kuantitatif dan Campuran. Pustaka Pelajar.

Dalman, R. P., & Junaidi, J. (2022). Penyebab Sulitnya Siswa Menjawab Soal HOTS dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI IPS SMAN 1 Batang Kapas Pesisir Selatan. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(1), 103–112. https://doi.org/10.24036/nara.v1i1.12

Damaianti, V. S. (2022). Literasi Membaca. Refika Aditama.

Dhesita, S. J. (2023). Analisis Penerapan Model Pembelajaran LOK-R Terhadap Kemampuan Literasi Siswa dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Ilmiah WUNY, 5(1). https://doi.org/10.21831/jwuny.v5i1.50113

Fitriati, S., Apriliya, S., & Ganda, N. (2024). Analisis Program GLS (Gerakan Literasi Sekolah) pada Tahap Pembiasaan di Sekolah Dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(1), 101–107. https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.18577

Handayani, T., Hendratno, H., Universitas Negeri Surabaya, Indarti, T., & Universitas Negeri Surabaya. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Teks Fiksi Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Literasi Membaca Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 23(2). https://doi.org/10.23960/aksara/v23i2.pp1-20

Herlambang, F. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran LOK-R Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Cerita Rakyat Siswa Kelas V SDN 10 Rejang Lebong [Undergraduate, Institut Agama Islam Negeri Curup]. https://e-theses.iaincurup.ac.id/4853/

Jannah, M., Muassomah, Jannah, R., & Azmi, F. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran LOK- (Literasi, Orientasi, Kolaborasim Dan Refleksi) dalam Meningkatkan Literasi Membaca (Maharah Qiraah) pada Bacaan Teks Berbahasa Arab. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.51339/muhad.v5i1.750

Jasmine, D. F., Sunaengsih, C., & Syahid, A. A. (2024). Analisis Program Budaya Literasi dalam Peningkatan Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v13i1.3315

Kieffer, M. J., Vukovic, R. K., & Berry, D. (2013). Roles of Attention Shifting and Inhibitory Control in Fourth-Grade Reading Comprehension. Reading Research Quarterly, 48(4), 333–348. https://doi.org/10.1002/rrq.54

Latifah, S., Wiliyanti, V., & Sari, I. P. (2024). Design and Implementation of E-LKPD Using the LOK-R Model for Electromagnetic Wave Material in Senior High School. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 5(2), 234–248. https://doi.org/10.21154/insecta.v5i2.9866

Lirhan, L., & Hamka, N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Literasi, Orientasi, Kolaborasi dan Refleksi (LOK-R) Berbantuan Ice Breaking terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas IV di SD YPK 1 Efata Serui. Katalis Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika, 1(2), 302–310. https://doi.org/10.62383/katalis.v1i2.743

Musfiroh, T., & Listyorini, B. (2016). Konstruk Kompetensi Literasi untuk Siswa Sekolah Dasar. LITERA,15(1). https://doi.org/10.21831/ltr.v15i1.9751

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en

Purnama, A. M., & Kusmiyati. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Minat dan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III di UPTD SD Negeri Pendabah 1 Kamal. Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.56480/eductum.v3i2.1201

Robi, N., & Abidin, Z. (2020). Literasi Membaca sebagai Upaya Pembentuk Karakter Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 3(1), 790–797.

Segara, N. B., Alwi, Z., Huriyah, L., Musyaropah, A. R., Saifuddin, S., & Bisri, S. S. (2022). Teacher’s Perception: Designing Step-by-Step LOC-R (Literacy, Orientation, Collaboration, Reflection) in Sociocultural Literacy Teaching.

Shabila, A. A. (2025). Analisis Model Pembelajaran LOK-R Berbasis E-Modul terhadap Literasi Matematika Siswa SMP [Undergraduate, Universitas Islam Sultan Agung Semarang]. https://repository.unissula.ac.id/40428/

Soni, H. K., Wirlin Gatas, I., Murwanti, D., & Ayu Larasati, D. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran LOK-R Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik pada Materi Konflik dan Integrasi Kelas VIII di SMPN 1 Surabaya. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14068

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Vol. 10). Penerbit Alfabeta. Sujarweni, W. (2023). Metodologi Penelitian: Lengkap, Praktis, Dan Mudah Dipahami. Paper Plane. Suzianti, D., & Dafit, F. (2023). Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal Riau untuk Membaca Pemahaman

Siswa Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(3), 392–401. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i3.559

Zahro, D. F. (2024). Implementasi model pembelajaran LOK-R (Literasi Orientasi Kolaborasi Refleksi) untuk Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V Ilyasa MIN Kota Blitar

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-30

Cara Mengutip

Khairunnnisa, N., Damaianti, V., & Hamidah, S. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran LOK-R Berbantuan Media Animasi Naratif Terhadap Kemampuan Literasi Membaca Teks Fiksi Siswa Kelas Vi. Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran, 5(2), 79–92. https://doi.org/10.55215/triangulasi.v5i2.13