Social Media dan Industrial Broadcast Berdiferensiasi Project Based Learning dalam Pembelajaran Berbicara

SOCIAL MEDIA DAN INDUSTRIAL BROADCAST BERDIFERENSIASI PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA

Authors

  • Muhamad Firman Al-Fahad Universitas Pakuan
  • Wildan Fauzi mubarock Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.55215/triangulasi.v5i1.9

Keywords:

keterampilan berbicara , social media, industrial broadcast

Abstract

Penelitian pembelajaran berbicara ini bertujuan agar mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan dan keterampilan berbicara lanjut dengan mengoptimalkan bantuan media sosial, wawasan industrial
broadcast, kreativitas video project. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Populasi dan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Hasil penelitian berdasarkan indikator penilaian yang telah ditentukan didapatkan pada indikator artikulasi dengan rerata sebesar 17; pada
indikator visual dengan rerata sebesar 44,20; dan pada indikator audio dengan rerata sebesar 26,06; sedangkan jumlah keseluruhan nilai rerata yang didapatkan yaitu 87,27. Hal ini menunjukan tingkat
kreativitas mahasiswa dalam membaca, berbicara, serta pembuatan dan pengaplikasian media broadcast “sangat memuaskan”.

References

Al-Fahad, M. F., Aryuni, W., & Jatnika, A. W. (2023, February). Trickle-Down Effect Analysis on Digital Project Based Learning. In Conference on Digital Humanities 2022 (CODH 2022) (pp. 59-67). Atlantis Press.

Budi, Arif E, Roem ER. Pemanfaatan Media Sosia Sebagai Sarana Promosi Perpusda Kabupaten Belitung Timur. J Ranah Komun. 2019;3(1):3–9.

Chodijah, S., Al-Fahad, M. F., Ekowati, A., & Risyana, A. F. (2024). Utilization of ICT-based Learning Media: Differentiated learning in SDGs. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 98-105.

Darmuki A, Hariyadi A. Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mahasiswa Pbsi Tingkat I-B Ikip Pgri Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. KREDO J Ilm Bhs dan Sastra. 2019;2(2):256–67.

Ekowati, A., Talitha, S., & Rosita, R. (2021). Gaya bahasa sindiran pada lirik lagu dalam album frekuensi perangkap tikus volume dua dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2), 57_61.

Gultom AD. Digitalisasi Penyiaran Televisi di Indonesia. Bul Pos dan Telekomun. 2018;16(2):91–100.

Kurniati L. Peningkatan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Debat. Jurnal Pesona. 2017;3(2):224–32.

Muhson A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Vol. VIII, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia.

Nasution JS, Damayanti E. (2023). Media Pembelajaran Berbicara Bahasa Indonesia Kelas Tinggi.;3(1).

Nuravipah E, Assabana MS, Nugroho W, Seipah S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran PAI berbasis ICT. Vol. 6, JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.

Sarimanah, E., Soeharto, S., Dewi, F. I., & Efendi, R. (2022). Investigating the relationship between students' reading performance, attitudes toward ICT, and economic ability. Heliyon, 8(6).

Sahid. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Berbicara: Sebagai Sebuah Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa..

Al-Fahad, M. F., Aryuni, W., & Jatnika, A. W. (2023, February). Trickle-Down Effect Analysis on Digital Project Based Learning. In Conference on Digital Humanities 2022 (CODH 2022) (pp. 59-67). Atlantis Press.

Budi, Arif E, Roem ER. Pemanfaatan Media Sosia Sebagai Sarana Promosi Perpusda Kabupaten Belitung Timur. J Ranah Komun. 2019;3(1):3–9.

Chodijah, S., Al-Fahad, M. F., Ekowati, A., & Risyana, A. F. (2024). Utilization of ICT-based Learning Media: Differentiated learning in SDGs. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 98-105.

Darmuki A, Hariyadi A. Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mahasiswa Pbsi Tingkat I-B Ikip Pgri Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. KREDO J Ilm Bhs dan Sastra. 2019;2(2):256–67.

Ekowati, A., Talitha, S., & Rosita, R. (2021). Gaya bahasa sindiran pada lirik lagu dalam album frekuensi perangkap tikus volume dua dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2), 57_61.

Gultom AD. Digitalisasi Penyiaran Televisi di Indonesia. Bul Pos dan Telekomun. 2018;16(2):91–100.

Kurniati L. Peningkatan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Debat. Jurnal Pesona. 2017;3(2):224–32.

Muhson A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Vol. VIII, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia.

Nasution JS, Damayanti E. (2023). Media Pembelajaran Berbicara Bahasa Indonesia Kelas Tinggi.;3(1).

Nuravipah E, Assabana MS, Nugroho W, Seipah S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran PAI berbasis ICT. Vol. 6, JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.

Sarimanah, E., Soeharto, S., Dewi, F. I., & Efendi, R. (2022). Investigating the relationship between students' reading performance, attitudes toward ICT, and economic ability. Heliyon, 8(6).

Sahid. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Berbicara: Sebagai Sebuah Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa..

Al-Fahad, M. F., Aryuni, W., & Jatnika, A. W. (2023, February). Trickle-Down Effect Analysis on Digital Project Based Learning. In Conference on Digital Humanities 2022 (CODH 2022) (pp. 59-67). Atlantis Press.

Budi, Arif E, Roem ER. Pemanfaatan Media Sosia Sebagai Sarana Promosi Perpusda Kabupaten Belitung Timur. J Ranah Komun. 2019;3(1):3–9.

Chodijah, S., Al-Fahad, M. F., Ekowati, A., & Risyana, A. F. (2024). Utilization of ICT-based Learning Media: Differentiated learning in SDGs. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 98-105.

Darmuki A, Hariyadi A. Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mahasiswa Pbsi Tingkat I-B Ikip Pgri Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. KREDO J Ilm Bhs dan Sastra. 2019;2(2):256–67.

Ekowati, A., Talitha, S., & Rosita, R. (2021). Gaya bahasa sindiran pada lirik lagu dalam album frekuensi perangkap tikus volume dua dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2), 57_61.

Gultom AD. Digitalisasi Penyiaran Televisi di Indonesia. Bul Pos dan Telekomun. 2018;16(2):91–100.

Kurniati L. Peningkatan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Debat. Jurnal Pesona. 2017;3(2):224–32.

Muhson A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Vol. VIII, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia.

Nasution JS, Damayanti E. (2023). Media Pembelajaran Berbicara Bahasa Indonesia Kelas Tinggi.;3(1).

Nuravipah E, Assabana MS, Nugroho W, Seipah S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran PAI berbasis ICT. Vol. 6, JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.

Sarimanah, E., Soeharto, S., Dewi, F. I., & Efendi, R. (2022). Investigating the relationship between students' reading performance, attitudes toward ICT, and economic ability. Heliyon, 8(6).

Sahid. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Berbicara: Sebagai Sebuah Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa..

Al-Fahad, M. F., Aryuni, W., & Jatnika, A. W. (2023, February). Trickle-Down Effect Analysis on Digital Project Based Learning. In Conference on Digital Humanities 2022 (CODH 2022) (pp. 59-67). Atlantis Press.

Budi, Arif E, Roem ER. Pemanfaatan Media Sosia Sebagai Sarana Promosi Perpusda Kabupaten Belitung Timur. J Ranah Komun. 2019;3(1):3–9.

Chodijah, S., Al-Fahad, M. F., Ekowati, A., & Risyana, A. F. (2024). Utilization of ICT-based Learning Media: Differentiated learning in SDGs. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 98-105.

Darmuki A, Hariyadi A. Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mahasiswa Pbsi Tingkat I-B Ikip Pgri Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. KREDO J Ilm Bhs dan Sastra. 2019;2(2):256–67.

Ekowati, A., Talitha, S., & Rosita, R. (2021). Gaya bahasa sindiran pada lirik lagu dalam album frekuensi perangkap tikus volume dua dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2), 57_61.

Gultom AD. Digitalisasi Penyiaran Televisi di Indonesia. Bul Pos dan Telekomun. 2018;16(2):91–100.

Kurniati L. Peningkatan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Debat. Jurnal Pesona. 2017;3(2):224–32.

Muhson A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Vol. VIII, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia.

Nasution JS, Damayanti E. (2023). Media Pembelajaran Berbicara Bahasa Indonesia Kelas Tinggi.;3(1).

Nuravipah E, Assabana MS, Nugroho W, Seipah S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran PAI berbasis ICT. Vol. 6, JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.

Sarimanah, E., Soeharto, S., Dewi, F. I., & Efendi, R. (2022). Investigating the relationship between students' reading performance, attitudes toward ICT, and economic ability. Heliyon, 8(6).

Sahid. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Berbicara: Sebagai Sebuah Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa..

Published

31-05-2025

How to Cite

Al-Fahad, M. F. ., & mubarock, W. F. (2025). Social Media dan Industrial Broadcast Berdiferensiasi Project Based Learning dalam Pembelajaran Berbicara: SOCIAL MEDIA DAN INDUSTRIAL BROADCAST BERDIFERENSIASI PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA. Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran, 5(1), 61–66. https://doi.org/10.55215/triangulasi.v5i1.9