Bahasa Sebagai Cermin Relasi Kuasa dalam Komunikasi Antara Pekerja dan Manajemen di Lingkungan Institut Teknologi Sawit Indonesia: Analisis Wacana Kritis
DOI:
https://doi.org/10.55215/triangulasi.v5i2.28Keywords:
Wacana kritis, komunikasi organisasi, hubungan kekuasaan, bahasa institusional, pendidikan tinggiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana bahasa mencerminkan dan membentuk relasi kuasa antara manajemen dan pekerja dalam konteks komunikasi organisasi di Institut Teknologi Sawit Indonesia (ITSI). Menggunakan pendekatan kualitatif dengan model analisis wacana kritis Norman Fairclough, penelitian ini menelaah berbagai dokumen tertulis internal seperti surat keputusan, edaran, dan komunikasi administratif antara pihak manajemen dan tenaga kependidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahasa berfungsi sebagai instrumen kuasa simbolik yang digunakan untuk mengontrol, menegosiasikan, dan melegitimasi posisi sosial dalam struktur organisasi. Bahasa manajemen bersifat direktif dan normatif, sementara bahasa pekerja menampilkan strategi mitigatif dan adaptif untuk menjaga kesantunan serta stabilitas hubungan sosial. Kebaruan penelitian ini terletak pada penerapan model Fairclough dalam konteks organisasi pendidikan tinggi berbasis industri, yang memperlihatkan kombinasi nilai-nilai birokratis, profesional, dan partisipatif dalam wacana kelembagaan. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan komunikasi organisasi yang inklusif, reflektif, dan demokratis di lingkungan pendidikan tinggi.
References
D Jupriono, Andia Jingga L.P.T., & Anik Cahyaning Rahayu. (2021). ANALISIS WACANA & ANALISIS WACANA KRITIS BERITA KONFLIK BURUH P.T. FREEPORT INDONESIA. Kajian Budaya Bahasa Dan Sastra, 1(1), 32–44.
Edy Prihantoro. (2018). STEREOTIP PEREMPUAN CALON LEGISLATIF DALAM WACANA MEDIA MASSA ONLINE DI TAHUN POLITIK. Jurnal Komunikasi, 12(1), 16–24.
Euginia, Erviantono, T., & Noak, P. A. (2025). Relasi Kuasa Pemerintah dan LSM dalam Menangani Kekerasan terhadap Perempuan di Jakarta. Socio-Political Communication and Policy Review. https://doi.org/10.61292/shkr.201
Fairclough, N. (1989). Language and Power. Addison Wesley Longman.
Fairclough, N. (1992). Discourse and Social Change. Polity Press.
Fairclough, N. (1995). Critical Discourse Analysis: The Critical Study of Language. Longman.
Fatmawati, I., Saputra, B. R., Nur Agustin, I. N., Shofana, N., & Wardhani, N. I. (2021). Peran Komunikasi Dalam Peningkatan Kinerja Organisasi Di Pendidikan. Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 8(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/improvement.v8i1.18296
Mario Gunawan. (2021). Komunikasi Organisasi Antar Budaya di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Sumatera Utara. Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1). https://doi.org/10.30596/interaksi.v5i1.5301
Miller, K. (2015). Organizational Communication: Approaches and Processes (7th ed.). Cengage Learning.
Mustafa. (2018). Analisis Bahasa Kekuasaan Pemerintahan Kabupaten Mimika dalam Berita di Media (Tinjauan Wacana Kritis). Universitas Negeri Makasar.
Rahardjo, M. (2005). Bahasa dan kekuasaan: Studi wacana politik Abdurrahman Wahid dalam perspektif hermeneutika Gadamerian. Unversitas Airlangga.
Samsuri, A., Mulawarman, W. G., & Hudiyono, Y. (2022). Ideologi Penggunaan Istilah-Istilah Covid-19 di Berita Online: Analisis Wacana Kritis Model Norman Fairclough. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(3), 603–618. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i3.442
Sasmitha, N. W. D. (2023). Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough dalam Stand-Up Comedy Mamat Alkatiri pada Program “Somasi.” POLITICOS: Jurnal Politik Dan Pemerintahan, 3(1), 44–58. https://doi.org/10.22225/politicos.3.1.2023.44-58
Siregar, A., Royyani, M., & Wahyuni, S. (2023). Sistem Komunikasi Organisasi Pendidikan. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(2), 319–326. https://doi.org/10.47467/jdi.v5i2.3073
Umar Fauzan. (2014). ANALISIS WACANA KRITIS DARI MODEL FAICLOUGH HINGGA MILLS . Jurnal Pendidik, 6(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.









