Pengaruh Aplikasi Wattpad Sebagai Media Literasi Digital dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.55215/triangulasi.v5i2.37Keywords:
Wattpad, literasi digital, cerpenAbstract
Perkembangan literasi digital membuka peluang bagi inovasi pembelajaran menulis kreatif di sekolah kejuruan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan aplikasi Wattpad terhadap kemampuan menulis cerpen siswa SMK. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain pretest-posttest control group. Kelas eksperimen menggunakan Wattpad, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Analisis data melalui uji-t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan penggunaan Wattpad terhadap peningkatan kemampuan menulis cerpen siswa. Pemanfaatan Wattpad tidak hanya meningkatkan kemampuan menulis, tetapi juga mengembangkan kreativitas, motivasi, serta kompetensi abad ke-21 (4C) melalui praktik literasi digital yang interaktif. Dengan demikian, integrasi Wattpad dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat menjadi inovasi strategis untuk memperkuat keterampilan menulis dan mendukung pembelajaran di era digital.
References
Adi, P., & Harsono, H. (2024). Muatan Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Buku Teks Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Komposisi, 9(1), 1-19.
Arochman, T., Normawati, A., Arifin, M. F., & Achmad, S. (2024). The Effect of Using Wattpad as an ICT Tool on EFL Students' Writing Skill. Journal of Language Teaching and Research, 15(5), 1613-1624.
Balakrishnan, V., & Gan, C. L. (2016). Students' learning styles and their effects on the use of social media technology for learning. Telematics and Informatics, 33(3), 808-821.
Febriani, S. R., & Mahmudi, A. (2021). Implementasi Pembelajaran Kooperatif Dan Independen Pada Keterampilan Menulis Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Al Mi'yar Vol, 4(1).
Fithriyah, N. N., & Isma, U. (2024). Analisis keterampilan berfikir kritis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 225-235.
Feerrar, J. (2019). Development of a framework for digital literacy. Reference Services Review, 47(2), 91-105.
Garcia Roca, A. (2021). Creative writing on Wattpad: analysis analysis of users and training possibilities.
Gordon Fiallos, B. A. (2024). Process-genre based approach and argumentative writing.
Gumelar, F., & Mulyati, Y. (2018). MEME: Dapatkah Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menulis Teks Anekdot?. Fajar Gumelar. Hlm, 105-117.
Hidayati, F. R., & Zainil, M. (2025). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal Educational Research and Development| E-ISSN: 3063-9158, 1(4), 412-416.
Janah, M., Prabawa, A. H., Wahyudi, A. B., & Assidik, G. K. (2023, August). Flipbook-Based Digital Teaching Material for Preparation of Creative Writing Fiction at SMP Negeri 1 Tangen. In International Conference on Learning and Advanced Education (ICOLAE 2022) (pp. 1324-1338). Atlantis Press.
Jusmaya, A. (2019). The effectiveness of using Wattpad on development students' writing ability. IdeBahasa, 1(2), 105-114.
Keengwe, J. (Ed.). (2022). Handbook of research on digital-based assessment and innovative practices in education. IGI Global.
Kurniawan, S., & Sarah, Y. S. (2023). Meningkatkan Literasi Digital di Sekolah Menengah Atas: Tantangan, Strategi dan Dampaknya pada Keterampilan Siswa. INSOLOGI: Jurnal Sains dan Teknologi, 2(4), 712-718.
Nadiroh, N. (2020). Pengembangan keterampilan menulis kreatif berbasis permainan pada anak-anak di rumah kreatif wadas kelir karangklesem purwokerto selatan. Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Ramadhani, E. N. F., & Rosidah, C. T. (2025). Pengaruh Literasi Digital terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Peserta Didik Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(2), 693-701.
Resti, R., Wati, R. A., Ma'Arif, S., & Syarifuddin, S. (2024). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi sebagai alat untuk meningkatkan kemampuan literasi digital siswa sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(3), 1145-1157.
Turkben, T. (2021). Examination of classroom writing practices in the context of process-based approach to teaching writing. Journal of Language and Linguistic Studies, 17(S1), 619-644.
Uluşan, A. R. (2018). A cognitive approach to writing skill and the importance of practice. RumeliDE Dil ve Edebiyat Araştırmaları Dergisi, (13), 226-235.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. John Wiley & Sons.
Turkben, T. (2021). Examination of classroom writing practices in the context of process-based approach to teaching writing. Journal of Language and Linguistic Studies, 17(S1), 619-644.
Sari, J. N. M. (2022). Using Wattpad as A Digital Multimodal Composing of Narrative Text. RETAIN: Journal of Research in English Language Teaching, 10(01), 100-108.
Selfa-Sastre, M., Pifarre, M., Cujba, A., Cutillas, L., & Falguera, E. (2022). The role of digital technologies to promote collaborative creativity in language education. Frontiers in psychology, 13, 828981.
Silitonga, A. M. B., Ginting, S. B., Siahaan, P. R. A., Hasibuan, A., & Barus, D. B. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Wattpad Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pada Siswa Kelas X Smas Rk Deli Murni Diski. Jurnal Basataka (JBT), 6(2), 477-484.
Syamsiah, S. (2019). Hubungan Antara Kebiasaan Membaca Berbasis Aplikasi Wattpad Dengan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas Xi Sma Negeri 11 Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020 (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Zubaidi, Z., Suharto, R. P., & Maulidiyah, F. (2023). Improving Students’ Creative Writing Skill through Project Based Learning Using Wattpad as Learning Media Technology. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 8(1), 94-110.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.









