Pengembangan Buku Saku untuk Darmasiswa: Media Efektif dalam Pembelajaran Bahasa dan Budaya

Authors

  • Sucipta Darma politeknik negeri bali
  • Ida Bagus Artha Adnyana Politeknik Negeri Bali
  • I Made Rai Jaya Widanta Politeknik Negeri Bali

Keywords:

Pocketbook, darmasiswa, language learning media, culture, arts

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan buku saku sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia, budaya, dan seni Bali bagi peserta program Darmasiswa. Latar belakang penelitian didasarkan pada kebutuhan pemelajar asing akan bahan ajar yang ringkas, kontekstual, dan mudah digunakan, mengingat buku ajar yang ada masih tebal dan kurang praktis. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Proses pengembangan mengacu pada model 4D (define, design, develop, disseminate). Buku saku yang dihasilkan memuat keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, menulis) serta materi budaya dan seni Bali yang disajikan secara bilingual (Bahasa Indonesia–Bahasa Inggris). Inovasi ditandai dengan penggunaan QR Code yang terhubung ke konten multimedia (audio, video, gambar) untuk menciptakan pembelajaran interaktif. Hasil uji coba menunjukkan buku saku praktis, efektif, serta membantu pemelajar asing beradaptasi dalam komunikasi dan memahami budaya lokal.

References

Anto, P., Andrijanto, M. S., & Akbar, T. (2017). Perancangan Buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia sebagai Media Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Desain, 4(02), 92. https://doi.org/10.30998/jurnaldesain.v4i02.1131

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran (Edisi Revisi). Rajawali Pers.

Auliya Rahman. (2024). Alasan Mengapa Bahasa Indonesia Menjadi Primadona di 8 Negara Ini. Telkom University Language Center. https://lac.telkomuniversity.ac.id/alasan-mengapa-bahasa-indonesia-menjadi-primadona-di-8-negara-ini/

Daryanes, F., Wulandari, S., Fauziah, Y., & Deswita, V. (2023). Inventarisasi Jenis Vegetasi Pohon Di Laboratorium Alam Pendidikan Biologi Sebagai Rancangan Buku Saku Pada Materi Keanekaragaman Hayati. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 9(1), 65–77. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v9i1.13693

Fathoni, H. A. (2011). Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi. Rineka Cipta.

Fitri, H., Izzatin, M., & Ferryansyah, F. (2019). Pengembangan Buku Saku Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Bilangan. Mathematics Education And Application Journal (META), 1(1), 8–18. https://doi.org/10.35334/meta.v1i1.835

Gumilang, N. A. (2025). Studi Pustaka Adalah: Pengertian, Fungsi, Proses, dan Jenisnya. Gramedia Blog. https://www.gramedia.com/literasi/studi-pustaka/?srsltid=AfmBOooBnGbh6DLnKP7hb_K89XJfcrqSFtKTdUMS4WUPoSlftCRoNkf

Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI. (n.d.). Ajar. https://kbbi.web.id/ajar#google_vignette

KBBI, K. B. B. I. (n.d.). Buku Saku. https://kbbi.web.id/bukusaku.html

Kramsch, C. J. (1993). Context and Culture in Language Teaching. Oxford University Press.

Mayer, R. E. (2001). Multimedia learning. Cambridge University Press.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif: Buku sumber tentang metode-metode baru ((T. R. Roh). UI Press.

Permana, C. D., & Puspasari, D. (2020). Perancangan Buku Saku Sebagai Bahan Ajar Mata Pelajaran Humas dan Keprotokolan Kelas XI OTKP 2 di SMKN 1 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 121–131. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p121-131

Sneddon, J. N. (2003). The Indonesian Language: Its History and Role in Modern Society. University of Hawai’i Press.

Sucipta, I. M. D., Mahardika, I. M. O., & Darlina, L. (2024). Keterampilan Membaca Pemelajar BIPA Program Darmasiswa Politeknik Negeri Bali Tahun 2022 / 2023. September, 60–65.

Sujarwen, W. (2023). Metodologi Penelitian. PUSTAKABARUPRESS.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teacher of exceptional children. Indiana University.

Widanta, I. M. R. J., Putra, I. M. A., Ardika, I. W. D., & Hidayanti, N. N. A. T. (2023). Developing English for Nurses in Indonesia: From Learning Supporting Tools to Assessment. Theory and Practice in Language Studies, 13(4), 917–926. https://doi.org/10.17507/tpls.1304.13

Wikipedia. (n.d.). Pembelajaran. https://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran

Yuniarni, D., & Amalia, A. (2022). Pengembangan Buku Saku Panduan Layanan Inklusi untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6710–6722. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3473

Published

30-11-2025

How to Cite

Darma, I. M. ., Adnyana, I. B. A. ., & Widanta, I. M. R. J. . (2025). Pengembangan Buku Saku untuk Darmasiswa: Media Efektif dalam Pembelajaran Bahasa dan Budaya . Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran, 5(2), 122–128. Retrieved from https://triangulasi-fkip.unpak.ac.id/index.php/triangulasi/article/view/18