Analisis Semiotika dan Retoris dalam Sampul Majalah "Tempo" Edisi 'Tentakel Judi Kamboja'

Authors

  • Citra Rani Rachmawati Universitas Nasional
  • Somadi Sosrohadi Universitas Nasional
  • Iskandarsyah Siregar Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.55215/triangulasi.v5i2.14

Keywords:

Judi online, retoris, sampul depan majalah, semiotika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konstruksi makna visual dibentuk melalui penggunaan tanda-tanda semiotik dengan menggunakan analisis semiotika model Peirce serta strategi retoris menggunakan analisis framing Zhongdan Pan dan Gerald M. Kosicki dalam sampul Majalah Tempo edisi Tentakel Judi Kamboja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian ini, secara semiotik ditemukan penggunaan ikon (tokoh utama dan kartu remi), indeks (asap cerutu, ekspresi wajah, kartu remi), serta simbol (peta kamboja sebagai representasi wilayah operasi perjudian). Sementara pada strategi retoris, mencakup idiom, metafora, gambar, dan elemen grafis yang membingkai makna sosial dan politik. Kedua membentuk narasi yang mengkritik terhadap jejaring kekuasaan yang terlibat dalam praktik perjudian lintas negara. Sampul majalah tidak hanya berfungsi sebagai ilustarasi, namun juga sarana penyampaian makna yang memengaruhi cara pandang pembaca terhadap isu yang dibahas.

References

Cangara, H. (2019). Pengantar Ilmu Komunikasi (4th ed.). Raja Grafindo Persada.

Effendy, O. U. (2013). Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. PT. Citra Aditya Bakti.

Eriyanto. (2002). Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. LKiS Pelangi Aksara.

Kasali, R. (2007). Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Pustaka Utama Grafiti.

Kress, G., & Van Leeuwen, T. (2002). Colour as a semiotic mode: notes for a grammar of colour. Visual Communication, 1(3), 343–368. https://doi.org/10.1177/147035720200100306

Muhammad, B. I., & Wahid, U. (2021). Konstruksi Pembingkaian Visual Edhy Prabowo dalam Kasus Korupsi Benur Pada Ilustrasi Sampul Majalah dan Koran Tempo. Metacommunication: Journal of Communication Studies, 6(1), 21. https://doi.org/10.20527/mc.v6i1.10068

Pan, Z., & Kosicki, G. (1993). Framing analysis: An Approach to News Discourse. Political Communication, 10(1), 55–75. https://doi.org/10.1080/10584609.1993.9962963

Peirce, C. S. (1982). Logic as Semiotics: The Theory of Sign. Indiana University Press.

Pramaskara, T. E. (2022). Analisis Semiotika Peirce pada Sampul Majalah Tempo Edisi Jokowi Beserta Bayangan Pinokio. Jurnal Kajian Jurnalisme, 5(2), 209. https://doi.org/10.24198/jkj.v5i2.36251

Setiawan, N. (2020). Analisis Framing Pada Cover Majalah Tempo Edisi 16-22 September 2019 Di Detik.Com Dan Suara.Com. Hikmah. https://doi.org/https://doi.org/10.24952/hik.v14i1.2272

Sobur, A. (2004). Semiotika Komunikasi. Remaja Rosdakarya.

Sosrohadi, S. (2024). Semiotika: Konstruksi Mitos dan Ideologi dalam Iklan. Rajawali Pers.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Suptandar, J. P. (2018). Teori dasar desain komunikasi visual. Djambatan.

Tempo. (2025, April 6). Pengusaha dan Politikus Pengendali Judi Online di Kamboja. Tempo.Co. https://www.tempo.co/arsip/bisnis-judi-online-kamboja-1227921

Published

30-11-2025

How to Cite

Citra Rani Rachmawati, Sosrohadi, S. ., & Siregar, I. . (2025). Analisis Semiotika dan Retoris dalam Sampul Majalah "Tempo" Edisi ’Tentakel Judi Kamboja’. Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran, 5(2), 93–99. https://doi.org/10.55215/triangulasi.v5i2.14